Rabu, 05 Oktober 2016

Setting ODBC eSPT di Windows 7 64 bit

Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis saat akan melakukan setting ODBC database eSPT PPh 23 dan eSPT PPh 4(2).

Di perusahaan baru tempat penulis bekerja, komputer yang ada menggunakan Windows 7 64 bit. Saat itu penulis bermaksud mengecek keberadaan database yang berbentuk *.mdb, sebagai persiapan kemungkinan penggunaan multi database dalam satu komputer. Jika menggunakan windows XP 32 bit maka bisa masuk ke Start > Setting > Control Panel > Administrative Tools > Data Sources (ODBC). Tapi ketika menggunakan Windows 7 64 bit, (cukup dengan mengetik 'ODBC di 'Run') database berbentuk *.mdb tidak muncul, yang ada hanya untuk SQL Server.

klik Start >Run dan ketik ODBC


tidak bisa membaca file *.mdb

Pada dasarnya, hal ini terjadi karena pada komputer 64 bit memang ada dua 'Data Sources (ODBC)' yang tertanam di komputer tersebut. Satu ODBC untuk 64 bit dan yang satunya untuk 32 bit. Nah biasanya setingan default-nya memang hanya memmunculkan ODBC untuk 64 bit sedangkan satunya lagi tidak terdeteksi.
 
Pemecahan masalah dari support microsoft adalah dengan cara mengunakan alat ODBC Administrator dengan versi yang sesuai. Jika Anda membuat dan kemudian jalankan aplikasi sebagai aplikasi 32-bit pada sistem operasi 64-bit, Anda harus membuat sumber data ODBC dengan menggunakan alat ODBC Administrator pada %windir%\SysWOW64\odbcad32.
exe.

Kesimpulan, untuk mengatur ODBC database eSPT bisa dilakukan dengan :
1. Klik Start > Run
2. Ketik %windir%\SysWOW64\odbcad32.exe atau lebih lengkapnya C:\Windows\SysWOW64\odbcad32.exe

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar